Cari aja disis

Faktor faktor Yang mempengaruhi Kecepatan akses Internet

Internet. terkadang terasa cepat terkadang terasa lambat . kalau lagi lambat, pasti pada " Galau " semua. tetapi... kalau cepat, pasti " Galau "nya hilang. hahaha.. tetapi, apa ya faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet ??? ayo baca selengkapnya di bawah ini !! :)


Faktor faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah :


  1. Kecepatan yang diberikan / ditawarkan ISP yang anda gunakan : Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  2. Jenis Jenis Koneksi Internet. : jenis koneksi yang anda gunakan perlu diketahui bahwa banyak cara agar kita dapat terhubung dengan internet, berikut ini merupakan beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia scr umum : 
    • Dial Up : melalui sambungan kabel telefon rumah dengan modem biasa.
    • ADSL   : melalui sambungan kabel telefon rumah dengan modem ADSL.
    • GPRS   : melalui modem Handphone / mobile modem / modem GSM / CDMA.
    • Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP.
    • Dan Lainnya.
  3. Komputer Yang Digunakan : komputer yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang anda gunakan semakin baik koneksi internet anda.
  4. Sistem Komputer Yang Digunakan : sistem pada komputer yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, seperti operating sistem yang anda gunakan, perlu diketahui sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.
  5. Aplikasi Browser Yang Anda Gunakan : aplikasi yang digunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. seperti : Internet Explorer 8, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain.
  6. Sinyal : Jika tempat tinggal anda memberi sinyal yang kuat untuk kartu modem anda maka anda akan mendapat koneksi yang lancar, tetapi belum tentu cepat. sinyal kuat hanya memberikan anda koneksi yang jarang terputus-putus.
  7. Modem. : Jangan sembarang membeli modem tanpa mengetahui kualitas modem, karena banyak modem yang "  berbohong "
  8. Usahakan Agar Modem Yang  Digunakan Jangan Terlalu Panas : modem yang panas akan mempengaruhi kinerja modem itu sendiri, yang secara langsung mempengaruhi kecepatan internet anda. usahakan  untuk menjaga suhu modem agar tetap stabil 
Adapun faktor Eksternal dan faktor Internal :
Faktor Internal : faktor yang dipengaruhi oleh keadaan komputer anda dan inilah mereka :

1.Spesifikasi Komputer: dengan semakin berkembangnya teknologi dunia komputer ternyata secara langsung juga memaksa kita untuk menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup canggih agar kita bisa lebih menikmatinya.

2.Sistem Operasi: faktor ini juga akan sedikit menggangu karena kita harus lebih selektif memilih OS  contohnya bila anda memiliki komputer yang hanya berteknologi Pentium 4 atau setaranya.

3.Browser: tidak penting browser apa yang anda gunakan. apakah itu Mozilla, Opera, Google Chrome, Chromium, dan lainnya. namun , Up - To - Date kah browsernya ???
Faktor Eksternal ( faktor utama ) yang sangat mempengaruhi koneksi Internet kita :

1. Media :  dimulai dari jenis media yang kita gunakan, kita bisa melihat seberapa baikkah koneksi yang kita miliki.

2. Bandwidht: bandwidth tergantung dari kebijakan operator yang kita gunakan, namun , sampai saat ini hampir semua paket internet menggunkan operator apapun sudah mendukung bandwidht sebesar 3.6Mbps.


3. Tempat Tinggal :  ada beberapa hal yang dapat meggangu sinyal yakni : rumah dan pohon-pohon apalagi yang sangat rimbun. karna perjalanan sinyal akan terganggu bila "menabrak" mereka.

4. Tower Akses Point Operator : bisa dibilang inilah faktor yang sangat utama dari semua faktor yang sudah dijelaskan.mengapa ? karena tower akses yang memancarkan sinyal ke tempat kita terganggu oleh beberapa penghalang seperti : gedung, pohon, masalah jarak sinyal, dan lainnya

0 komentar:

Posting Komentar